TEMPE

adalah makanan yang dibuat dari fermentasi terhadap biji kedelai atau beberapa bahan lain yang menggunakan beberapa jenis kapangRhizopus, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Sediaan fermentasi ini secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”.
Kapang yang tumbuh pada kedelai menghidrolisis senyawa-senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna oleh manusia. Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam kandungan dalam tempe mempunyai nilai obat, sepertiantibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

RAMBUTAN

Menurut kajian pakar tanaman obat, daging buah rambutan memuat kandungan gizi cukup lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, lemak, fosfor, besi, kalsium, sampai vitamin C.Sebagai gambaran, dalam setiap 100 gram (sekitar 3 buah) rambutan terkandung 69 kalori, sekitar 18,1 gram karbohidrat, serta 58 mg vitamin C. Kadar vitamin C buah rambutan lebih tinggi dari jeruk manis. Sebab, dalam 100 mg jeruk manis hanya terdapat 49 mg vitamin C. Kadar serat rambutan juga cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Karakter buah seperti rambutan ini cocok dikonsumsi orang-orang yang tengah berdiet menurunkan atau menjaga berat badan. Kalo hanya dengan makan 3 buah rambutan kita sudah mendapatkan kalori sebanyak 69 kalori, maka jika kita makan buah rambutan sekitar 9 atau lebih kita sudah cukup mendapatkan energi untuk beraktifitas dari pagi sampai dgn siang hari. Karena kebutuhan kalori untuk makan pagi sebaikanya kira-kira 25% dari total kebutuhan kalori per hari. Tiap orang memang tidak sama kebutuhan kalori per harinya. Ya tinggal disesuaikan saja.
Kadar serat rambutan pun tinggi, otomatis bisa membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh.
Dan buah satu ini pun nggak susah carinya dan harganya pun lebih terjangkau. Jadi tunggu apa lagi…??!!! Diet dengan cara alami lebih sehat daripada menggunakan cara instant.

RUMPUT LAUT

Berdasarkan penelitian rumput laut mengandung gizi baik seperti yodium, asam folat, zat besi, vitamin K, dan kalsium. Saat ini, tanaman laut ini paling banyak digunakan untuk membuat makanan bervariasi. Yang sudah umum terbuat dari bahan dasar rumput laut ini adalah agar-agar, minuman rumput laut, dan nori (bahan untuk membuat sushi).

Kombu, sejenis rumput laut, yang dikombinasikan dengan serpihan bonito (tuna) untuk membuat dashi dan sup Jepang klasik. Sayuran laut lezat lainnya termasuk hijiki merupakan rumput laut hitam dengan sedikit rasa adas manis dan wakame yang merupakan rumput laut hijau gelap yang sempurna sebagai bahan dasar dalam sup.

Tim Cushman,seorang koki-pemilik restoran Boston O Ya, mengatakan, “Sayuran laut menambahkan citarasa yang luar biasa karena bisa menjadi bumbu secara alami pada masakan,” katanya.